Kunci sukses membuat Novel dan menerbitkannya di Google Play, etc.

Share it:
cara membuat novel

Motivasi setiap orang untuk menulis sebuah karya khususnya "membuat novel" adalah beragam dan unik setiap orangnya. Secara garis besar motivasi ini ada dua jenis, yaitu motivasi internal yang timbul dari diri penulis dan motivasi eksternal yang timbul karena dorongan dari luar.

Motivasi internal misalnya menulis karena memang hobi. Biasanya penulis yang memilik motivasi seperti ini rela novelnya tergeletak kusam tidak dikenal oleh orang lain, dengan kata lain sang penulis tidak berjuang untuk mempublikasikannya.

Motivasi eksternal contohnya menulis karena ada tarikan atau dorongan dari luar diri. Tarikan misalnya ada nilai "materi" yang dijanjikan lewat menulis. Dorongan misalnya ada tugas yang memaksa untuk melakukan kegiatan menulis.

Sebelum anda mengenal jenis motivasi anda sebaiknya perlu diketahui kunci sukses dalam menelurkan sebuah karya sastra. Sebenarnya kunci ini bisa digunakan bukan hanya dalam membangun karya sastra, tetapi bisa juga dalam hal lainnya.

Seorang pujangga Romawi, yaitu Horaitus menyampaikan bahwa suatu karya sastra yang sukses itu ialah karya yang memenuhi kunci "Dulce et Utile". Dulce et Utile, yaitu Indah, bagus, manis, dan bermanfaat, berguna, mengandung pesan. 

Sejarah menunjukkan bahwa karya-karya sastra khususnya novel yang sukses adalah yang memenuhi kunci tersebut, yaitu memiliki nilai keindahan dan nilai kebermanfaatan. Seandainya karya tersebut indah tetapi tidak bermanfaat, maka pembaca akan terhibur tetapi merasa kekeringan. Sebaliknya jika karya tersebut bermanfaat tetapi tidak indah, maka boleh jadi karya tersebut akan mati sebelum dikenal pembaca. Untuk itu dua kriteria yang ada dalam satu kunci "Indah dan Bermanfaat" haruslah dimasukan ke dalam karya yang hendak kita buat.

Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang strategi mempromosikan buki digital yang sudah terbit di Playstore dan Playbook. Seandainya strategi tersebut sudah dirasa maksimal semua pointnya, tetapi masih kurang maksimal dalam penjualannya maka harua dievaluasi terkait kunci "Dulce et utile" tersebut. Seandainya kunci tersebut telah dimiliki dan point promosi semua telah dilakukab tetapi penjualan masih belum memuaskan, maka kira-kira apa penyebabnya? Maka boleh jadi hal tersebut akibat calon pembaca kita yang mendapatkan pemberitahuan "promosi" tentang karya kita bukan pembaca yang memiliki kesamaan tema atau topik minat dengan karya kita. Untuk itu dilain artikel akan kita bahas mengenai cara mengenal siapa target pembaca kita.

Share it:

Inspirasi

Post A Comment:

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Kemudahan dari Google Playbook