Cara Membuat Daftar Isi

Share it:
Fasilitas daftar isi dalam sebuah buku digital sangatlah penting. Hal ini dapat mempermudah para pembaca untuk meloncat dari satu halaman ke halaman lainnya. Jika dalam buku cetak, boleh jadi bisa melompat langsung ke halaman berapa saja, sedangkan dalam buku digital terutama format buku yang ada di Playbook dan Playstore harus dibantu dengan daftar isi.

Untuk mempercepat editing dan proses penerbitan sebuah naskah, maka kerapihan naskah tulisan dari penulis sangat menentukan. Ada baiknya seorang penulis memiliki kecakapan dalam melayout naskahnya. Layout buku cetak dan buku digital tentulah berbeda. Di sini kita akan membicarakan layout buku digital saja, lebih mudah.

Layout buku digital bisa dibuat responsive yaitu menyesuaikan dengan ukuran layar gawai atau dibuat tetap. File yang berupa PDF biasanya memiliki layout yang statis atau tetap, sedangkan layout format EPub biasanya lebih responsive. Persamaan diantara keduanya adalah membutuhkan sebuah daftar isi, sehingga ketika proses pengajuan ke Google harus sudah disisipi daftar isi dengan format yang disukai oleh Google.

Bagaimana cara membuat daftar isi yang disukai oleh Google? Mudah saja, sahabat tinggal memasukan daftar isi otomatis melalui Microsoft Word. Bagaimana caranya? Mudah juga, caranya yaitu dengan mengulangi langkah berikut untuk setiap bab :



1. Block / tandai judul bab yang akan dijadikan judul di daftar isi
2. Klik Menu References
3. Add Text
4. Level 1

Sekali lagi, ulangi untuk setiap judul bab. Jika sudah semua bab, maka masih di menu yang sama masukan daftar isi di sub menu "Table of Contents", lalu pilih format yang mana saja. Letakan di halaman pertama yah.

Nah, begitulah cara memasukan daftar isi untuk ebook yang akan diterbitkan di Playstore dan Playbook. Semoga bermanfaat.
Share it:

Ayo Menulis

Buku Digital

Post A Comment:

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Kemudahan dari Google Playbook