Tips Menulis dan Menerbitkan Buku

Share it:

Menulis dan membaca buku adalah dua hal yang membuat manusia menjadi memiliki peradaban. Seringkali kemampuan menulis dikaitkan dengan tingkat intelektualitas seseorang. Padahal, sebagai kemampuan dasar manusia yaitu berkomunikasi, maka seharusnya setiap orang bisa menulis buku. Berbeda dengan kemampuan membaca yang harus belajar dulu walaupun sudah bisa berbicara. Tetapi untuk menulis sebenarnya bisa langsung dipraktekan asalkan bisa berbicara. Anda berada di depan tulisan ini pasti berasal dari bacaan yang membawa anda ke situs ini. Maka seharusnya anda sudah bisa menulis suatu karya. Bahkan andai seseorang tidak bisa menulis pun, saat ini teknologi sudah semakin canggih, sehingga untuk mengetik teks sudah bisa menggunakan input suara saja tanpa harus mengetik keyboard, dengan menggunakan speech to text.

Banyak orang yang pandai membaca tetapi belum pandai menulis kebanyakan disebabkan oleh ketidakbiasaan dalam menuliskan pemikiran. Kebanyakan orang lebih terbiasa mengucapkan pemikirannya. Seandainya setiap pemikiran kita baik itu berupa opini ataupun fakta dituliskan dalam sebuah tulisan, maka ketika sudah berserakan tinggal kita kumpulkan sesuai dengan tema dan bisa dijadikan sebuah buku.

Berikut ini beberapa tips menulis dan menerbitkan buku yang bisa diterapkan untuk menggapai tujuan yang diharapkan.

  1. Mengenal diri sendiri. Sebelum menentukan karya apa yang ingin diwujudkan, maka anda harus terlebih dahulu mengenal diri sendiri. Mengenali potensi, kekuatan tulisan anda, kelemahan tulisan anda, mengenal hobi anda, dsb. Sehingga nanti karya yang anda buat akan lebih mudah dibuatnya untuk diri anda sendiri.
  2. Jangan takut bukunya ditolak penerbit. Setelah anda memiliki naskah, walaupun belum selesai. Silahkan hubungi kami di email madenapublishing@gmail.com. Tidak perlu lagi ada kekhawatiran mengenai nasib tulisan anda yang tidak bisa dinikmati oleh orang lain. Kami akan membantu menjadi partner anda dalam menyebarkan karya anda tersebut ke seluruh dunia melalui Playbook dan Playstore. Saat ini kami fokus untuk menjual buku di Playbook dan Playstore. Hak cipta 100% milik penulis. Jika penulis ingin mengirimkan naskah yang sudah terbit di Playbook dan Playstore ke penerbit mayor pun sangat kami persilakan demi meluasnya hasil karya anda.
  3. Tetapkan target. Target adalah sesuatu yang seringkali dianggap kecil. Walapun demikian, target menjadi energi sekaligus motivasi yang bisa mendorong dan menarik anda menuju tujuan yang diharapkan. Seandainya target tidak ditentukan, maka boleh jadi tujuan kita menulis pun akan hilang dari agenda harian kita, sehingga sampai kapan pun tulisaan anda tidak akan pernah selesai. Untuk itu, tentukan target mulai dari target akhir anda ingin seperti apa karya itu, kemudian tentukan target tahunannya, bulannya, hingga target hariannya.
  4. Tetap istiqomah pada target. Target yang sudah dibuat tidak sekedar ditulis dan ditempel di dinding kamar agar kita ingat. Lebih dari itu, target haruslah diperjuangkan, dijaga dan dipelihara agar senantiasa menjadi bagian dari aktivitas harian kita. Jika kita sudah menentukan jalan, maka kita harus pastikan langkah demi langkah kita ada di jalan itu.
  5. Nikmati. Inilah poin terakhir yang harus anda jalankan. Jika poin 1 sampai 4 beres, maka poin ke-5 ini pun juga akan beres. Sehingga setidaknya akan ada 2 hal yang akan anda nikmati, yaitu prosesnya dan hasilnya yang kelak akan anda dapatkan.

Demikianlah tips menulis dan menerbitkan buku yang bisa anda jalankan. Bukan hanya untuk menerbitkan buku di Playbook atau Playstore, tetapi bisa juga sebagai tips ketika anda akan membuat karya yang lain. Jangan khawatir karya anda tidak bermanfaat. Tetap berkarya insyaAllah bermanfaat.
Share it:

Ayo Menulis

Buku Digital

Penerbit Buku Digital

Post A Comment:

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Kemudahan dari Google Playbook