Dunia Digital

Buku digital yang ditawarkan saat ini memiliki peluang yang besar untuk menjadi populer. Digitalisasi buku seperti Google Play Buku memberi ruang baru bagi penerbit dan penulis yang ingin meningkatkan produksi dan distribusi buku ke seluruh dunia.
Share it:
Dalam perkembangan teknologi beberapa tahun ini, teknologi digital semakin pesat dibanding teknologi konvensional. Misalnya perdagangan digital lebih memunculkan banyak  pedagang baru yang sukses dengan waktu yang relatif singkat, dibanding dengan pedagang konvensional yang sukses dan membutuhkan waktu relatif lama.

Peran digitalisasi dalam aspek kehidupan sehari-hari cukup membantu kemudahan dalam beraktifitas. Misalnya digitalisasi transportasi membuat aktifitas lebih mudah bagi mereka para pengguna jasa transportasi ojeg online, bisa naik dan turun di tempat yang ditentukan sendiri. Belajar bagi siswa lebih fleksibel dalam menentukan waktu dan materi yang ingin dipelajari lewat bimbel online. Kemudahan dalam berbelanja baik itu produk fisik, jasa atau digital seperti pulsa dsb.

Dalam dunia penerbitan buku pun, digitalisasi buku sangat membantu aktifitas produksi dan distribusi buku. Sebelumnya, dalam proses produksi buku memerlukan kecermatan dalam menentukan jumlah produksi untuk meminimalisasi penumpukan buku yang tidak terjual. Dalam proses distribusi pun ongkos yang harus dikeluarkan cukup lumayan, padahal setelah didistribusikan dengan biaya yang tidak sedikit belum tentu buku-buku itu terjual di pasaran.

Kini digitalisasi buku dan toko buku dapat meringkas proses produksi dan distribusi. Sekali produksi buku maka jumlah penjualan yang bisa didapat adalah tidak terhingga, tidak harus ada cetak ulang. Pembeli tidak akan kehabisan buku. Sekali distribusi, jutaan orang bisa menjangkaunya. Bahkan penerbit bisa mendistribusikan bukunya ke semua negara di dunia.

Pemangkasan proses itu menyebabkan harga buku digital lebih murah dibanding buku fisik. Di negara Indonesia penggunaan buku digital belum terlalu populer, masih di kalangan tertentu saja. Akan tetapi, dalam kurun beberapa tahun ke depan ada kemungkinan digitalisasi buku ini menjadi populer dengan banyaknya kelebihan yang didapatkan dari penggunaan buku versi digital tersebut (artikel : Enaknya Melahap Buku-buku Digital) . Saat itulah tingkat pendidikan juga akan meningkat.

Untuk memanfaatkan moment tersebut, kita tidak bisa hanya diam saja. Harus ada upaya yang harus dilakukan dalam proses persiapannya. Jangan sampai pada saatnya nanti, buku digital yang tidak mendidik justru yang banyak tersebar di dunia digital. Maka dari itu, kami berkomitmen untuk tidak sekedar mencari bisnis tetapi juga mencari kebermanfaatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang. 

Semoga dengan komitmen untuk menerbitkan buku-buku berkualitas tersebut menjadi wasilah bagi kita semua untuk menjadi golongan orang-orang yang bermanfaat untuk orang lain. Sekian
Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post A Comment:

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Kemudahan dari Google Playbook